Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Anak

Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Anak

 

D

I

S

U

S

U

N

Oleh :

Kelompok IV

Ketua Kelompok           :         Intan Wahyuni

Anggota                         :         Ellya Anggraini

Tia Safriani

Metriani

Tina Temu Oktaria

Riani Safitri

Dedi Anca

Kgs. M.Fiqi H.F

M. Nur Ismail

Ridho Septi Pratama

Kelas                                       :         XII IPA II

Guru Pembimbing        :         Yusrika S.Pd

SMA YAYASAN PEMBINA PALEMBANG

TAHUN AJRAN 2012/2013

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pendidikan merupakan hal mutlak yg harus dipenuhi oleh setiap individu, baik anak-anak , dewasa , maupun orang tua.Adaistilah mengatakan “ tidak ada kata terlambat untuk belajar”.

Betapa penting dan perlu nya pendidikan itu bagi anak-anak. Dan jelas pula mengapa anak-anak itu harus mendapat pendidikan. “PPendidikan ialah segala usaha orang dewasa dalam pergaulannya dengan anak-anak untuk memimpin perkembanga jasmani dan rohani nya kearah kedewasaan”. Pendidikan ialah pimpinan yg diberikan dengan sengaja oleh orang dewasa kepada anak-anak dalam pertumbuhannya agar berguna bagi diri sendiri dan bagi masyarakat.

TUJUAN

Mengenalkan arti , bentuk dan fungsi peranan orangtua kepada anak. Serta menggali informasi mengenai peran serta orang tua terhadap prestasi anak sebagai sumber pengetahuan penulis khususnya danpembaca pada umum nya.

MANFAAT

Sebagai sumbangsih pengetahuan untuk masyarakat mengenai “pengaruh peran orang tua terhadap prestasi anak”

BAB II

PERMASALAHAN

 

  1. Apa arti pendidikan, belajar dan prestasi
  2. Sikap Orang Tua Dalam Mendidik Anak
  3. Peran orang tua terhadap prestasi anak
  4. Permasalahan dan pemecahan masalah berkaitan dengan peran serta orang tua

BAB III

PEMBAHASAN

 

  1. Pengertian Pendidikan

Pendidikan adalah usaha manusia dalam meningkatkan ilmu dan pengetahuan dalam kehidupan. Pendidikan juga merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar anak didik secara aktif mengembangkan potesi dirinya untuk memiliki pengendalian diri , kepribadian , kecerdasan , akhlak mulia , serta keterampilan yg diperlukan dirinya , masyarakat , bangsa dan Negara. Pendidikan itu sediri terbagi menjadi 3 , yaitu :

a. Pendidikan Keluarga

Adalah pendidikan yg berada dalam lingkungan keluarga.

b. Pendidikan Masyarakat/social

Adalah pendidikan yg berada dalam lingkungan masyarakat , terdiri atas kursus-kursus , pelatihan dan lain sebagai nya yg bersifat informal.

c. Pendidikan Sekolah

Adalah pendidikan yg berada dalam lingkungan sekolah.

Belajar adalah proses jangka panjang dalam berusaha / berlatih untuk mendapatkan suatu kepandaian. Karena belajar dapat menjadikan pertumbuhan seseorang dan menjadikannya sukses atau berprestasi.

Sedangkan prestasi adalah sebuah hasil yang dicapai oleh seseorang dari sebuah proses (pendidikan) yg dimana imbalan terbesarnya tidak langsung diterima. Prestasi juga merupakan suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan sesuai bobot yang dicapainya

2. Sikap Orang Tua Dalam Mendidik Anak

orang tua adalah orang yang pertama dekat dengan anak sejak lahir juga sebagai lembaga pendidikan pertama dan utama bagi perkembangan anak.

Sikap orang tua dalam mendidik anak harus mengikuti irama perkembangan anak yang didasarkan atas usia. Anak yang sedang memperoleh pendidikan SMK yang rata – rata usianya berkisar antara 16 -18tahun, sedang dalam masa puberitas.Masa puberitas pada anak merupakan masa yang harus disikapi oleh setiap orang tua dengan bijak karena pada masa tersebut, keinginan untuk menentang, melawan atas tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan keinginanya akan timbul dan tidak jarang menyebabkan anak menjadi tidak betah dirumah, ingin melarikan diri dari rumah.Jadi jelas bahwa orang tua lah yang membentuk kepribadian dan menanamkan kebiasaan-kebiasaan serta keteladanan pada anak. Anak menerimanya dengan peniruan, sekalipun ia belum memahami apa maksudnya, apa tujuannya. Sikap orang tua yang wajar, tidak belebihan dalam memberi perhatian,pemahaman, maupun penerapan aturan-aturan, membuat anak merasa dirinya dipercaya, dihargai. Tidak tertekan dan memiliki rasa aman dan nyaman.Hal tersebut akan mempunyai rasa tanggung jawab dan disiplin dirisehingga dapat mengatasi rasa segan, rasa malas untuk melakukan tugasnya, khususnya belajar. Apabila hal tersebut diatas terlaksana dengan baik, maka hamper dapatdipastikan bahwa :

1. Anak akan merasakan adanya dorongan dalam belajar.

2. Anak akan selalu bersemangat untuk belajar, baik di rumah maupun disekolah.

3. Anak akan merasa nyaman untuk lebih terbuka menyampaikanmasalahnya.

4. Anak akan selalu berusaha meningkatkan prestasinya



3.  Peran orang tua terhadap prestasi anak

Orang tua dituntut untuk berperan serta terhadap kemajuan pendidikan anak-anak nya, ini dilakukan agar prestasi dan semangat belajar anak-anak nya meningkat. Peran serta ini dapat dilakukan langsung ataupun tidak langsung. Dalam peningkatan prestasi belajar anak , saat ini orang tua banyak melakukan terobosan-terobosan, antara lain dengan menyekolahkan anak ke sekolah-sekolah favorite , memasukkan anak ke lembaga-lembaga kursus , serta memberikan les tambahan kepada anak.

Orang tua yg peduli terhadap kemajuan anak nyaakan berusaha memberikan apa yg terbaik bagi anak-anak mereka , memberikan segala fasilitas yg diinginkan guna mencapai prestasi anak yg semaksimal mungkin. Berbeda dengan orang tua yg kurang peduli dengan perkembangan dan prestasi anak, mereka cenderung masa bodoh , mengandalkan pendidikan hanya pada sekolah semata sementara perhatian dari orang tua kurang atau bahkan tidak sama sekali. Mereka seharusnya sadar , bahwa segala tindakan mereka sangat berpengaruh terhadap masa depan anaknya.

Secara umum, prestasi anak terbagi menjadi tiga : golongan atas , menengah , dan bawah. Ketiga golongan ini biasanya dipengaruhi oleh faktor bakat dan kemauan. Bukan berarti anak yg prestasi nya kelas bawah dikarenakan mereka bodoh , tetapi lebih cenderung dipengaruhi oleh kurang nya dorongan orang tua terhadap kemauan belajar anak.

Bentuk peran serta orang tua terhadap perkembangan prestasi anak antara lain :

  1. memberikan semangat terhadap diri anak akan pentingnya suatu pendidika untuk masa depan mereka.
  2. menjadi sumber ilmu dan pengetahuan dalam keluarga.
  3. memberikan motivasi kepada anak untuk selalu meningkatkan prestasi belajar mereka.
  4. sebagai tempat bertanya dan mengaduh terhadap hal-hal yg menjadi permasalahan anak.
  5. memberikan arahan yg jelas untuk masa depan anak-anak nya.

Dengan peran orang tua tersebut  maka kemajuan dan peningkatan prestasi belajar anak disekolah dapat terus meningkat, seiring dengan bertambah nya usia dan daya nalar anak. Pemberian tugas kepada anak dapat melatih mereka untuk dapat bertanggung jawab terhadap diri mereka dan kepada ornaglain.

Kurang nya peran serta orang tua dapat menjadikan anak sebagai jiwa atau pribadi yg merasa diabaikan , merasa tidak berguna , dan bahkan cenderung untuk menyalakan orang lain dalam tindakan nya di masyarakat. Mereka yg kurang mendapat dukungan dari orang tua menganggap bahwa orang tua mereka tidak peduli terhadap mereka dan cenderung memberi jarak antara mereka dengan orang tua mereka.

4. Permasalahan dan pemecahan masalah berkaitan dengan peran serta orang tua

  1. Masalah

Permasalahn umum yg dialami oleh setiap orang tua dalam memberikan dukungan terhadap anak-anak nya banyak dikarenakan kesibukan mereka mencari nafkah, mereka berdalih bahwa mereka sangat tidak mempunyai waktu untuk sekedar membantu mengerjakan pekerjaan rumah (PR) bagi anak nya. Orang tua merasa bahwa waktu yg mereka miliki tidak sampai atau tidak mencukupi untuk memberikan bimbingan bagi anak nya, waktu semua nya dihabiskan untuk bekerja dan bekerja.

Selain permasalahan diatas , kendala Sumber Daya Manusia(SDM) orang tua menjadi penyebab kurang nya mereka dalam ikut serta meningkatkan prestasi anak nya. Banyak orang tua yg tidak mengeyam pendidikan tinggi , bahkan tidak sedikit mereka yg tidak bersekolah sama sekali. Umun nya mereka adalah orang tua tempoe dulu atau orang tua yg hidup di tempat-tempat pedalaman atau desa yg masih belum maju.

2. Pemecahan

Peran serta orang tua hendak nya sedini mungkin diterapkan pada anak-anak mereka, ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi anak-anak agar menjadi pribadi yg maju dan bertanggung jawab. Seberat apapun permasalahan mereka pasti dapat dilalui apabila mendapat dukungan dan bantuan dari orang tua.

Sebagai orang tua hendak nya menanamkan semangat dan disiplin kepada anak-anak mereka agar dapat berprestasi di sekolah dan kedisiplinan menjadi kunci untuk mencapai keberhasilan. Kemandirian bukan berarti tanpa dukungan dari orang lain , namun kemandirian adalah usaha untuk menjalankan atau melaksanakan segala pekerjaan dengan mengandalkan kemampuan sendiri dengan dukungan dan dorongan dari orang lain terutama dari orang tua.

BAB IV

PENUTUP

 

 

Kesimpulan

Pendidikan diawali dengan proses belajar untuk mengetahui suatu hal kemudian mengolah informasi tersebut untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dan orang tua memegang peranan terpenting terutama dalam hal pendidikan. Sehingga baik buruknya prestasi anak ditentukan oleh bimbingan orang tua. Tujuan dari seorang orang tua membimbing anaknya karena kewajaran selain itu juga karena orang tua mencintainya, sehingga akan menjadikannya berprestasi. Dengan prestasi tersebut maka dapat mengangkat nama baik orang tua yang telah menyayangi serta membimbingnya.

Saran

Pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar anak sangat memiliki andil yg besar. Untuk itu , orang tua sangat dianjurkan untuk memberikan bimbingan kepada anak tetapi tidak dengan cara memaksa atau menekan anak tersebut, bantu anak dalam menentukan target realistis , serta berikan dukungan yg positif kepada sang anak.

Jangan memberikan emosi negative kepada anak dan jangan membandingkan kemajuan anak dengan kemajuan anak lain.

Untuk peningkatan prestasi belajar anak dalam menempuh pendidikan yg berkualitas , maka , saran yg kami berikan antara lain :

◦Meningkatkan peran serta orang tua semaksimal mungkin untuk dapat membimbing dan mengarahkan akan untuk lebih berprestasi dalam pendidikan anak-anak nya.

◦Memberikan pengertian kepada semua orang tua, bahwa masa depan anak ada di tangan mereka , dan pengorbanan yg tulus hendak nya mereka berikan untuk kemajuan anak-anak mereka kelak.

Kata Pengantar

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji serta syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini.

Ucapan terima kasih kami ucapkan atas dukungan teman-teman yg telah membantu dalam penyususnan makalah ini. Karena berkat mereka , kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.

Kami menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari kesempunaan. Untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yg membangun dari semua pihak demi perbaikan makalah berikut nya. Semoga makalah ini berguna bagi kita semua. Amin.

Penulis

DAFTAR PUSTAKA

http://gembelite.blogspot.com/2011/04/makalah-pengaruh-peran-orang-tua.html

http://aggilnet.blogspot.com/2011/04/makalahpengaruh-bimbingan-orang-tua.html

http://ml.scribd.com/doc/7422569/Skripsi-Pengaruh-Sikap-Orang-Tua-Dalam-Mendidik-Anak

Comments are closed.